EMPAT CARA MEMBELA DIRI DIKANTOR ATAS KESALAHAN

Ketika bekerja di kantor, mungkin kamu pernah dianggap bertanggungjawab atas kesalahan yang sebenarnya tidak kamu lakukan. Atau, kamu melakukan kesalahan tersebut karena tidak sengaja.

Namun, mungkin kamu juga bingung ketika harus bersikap, apalagi untuk melawan. Terlebih, jika tudingan datang dari atasan. Akhirnya, yang kamu lakukan hanya mengangguk dan terpaksa mengakui bahwa kesalahan itu merupakan perbuatanmu.

Padahal, sebenarnya ada cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk membela diri. Berikut ini adalah cara yang dapat kamu lakukan ketika berada dalam kondisi tersebut.

1. “Saya tak mengetahuinya”
Kalimat ini bisa kamu gunakan bila kamu membuat kesalahan yang tidak disengaja. Misalnya, kamu baru saja membuat laporan di Google Docs.

Sebagai karyawan baru di kantor, kamu tidak tahu bahwa biasanya, laporan dibuat dengan aplikasi Word.

Dalam hal ini, kamu memang melakukan kesalahan. Namun, hal ini karena kamu belum mengetahui kebiasaan yang berlaku di perusahaan, bukan karena kamu ceroboh.

Bila ingin menggunakan kalimat di atas dengan lebih halus, kamu bisa mengatakannya seperti, “Terima kasih atas informasinya, saya pasti akan mengingatnya untuk lain kali.”

2. “Saya melakukan hal itu karena...”
Kalimat ini bisa digunakan saat kamu disalahkan atas suatu hal, tapi kamu punya alasan yang kuat atas tindakanmu itu.

Dengan kalimat ini, kamu akan memiliki kesempatan untuk menjelaskan bahwa yang dianggap sebagai kesalahan oleh rekan atau atasanmu, sebenarnya merupakan keputusan yang kamu buat secara sadar.

Bisa saja ada langkah-langkah yang harus kamu ubah dalam melakukan sesuatu, karena adanya keterbatasan waktu atau permintaan khusus dari klien.

3. “Bisakah dibicarakan dalam rapat?”
Kalimat ini bisa kamu gunakan saat berada dalam situasi tersulit, yaitu saat ingin membuktikan bahwa kamu memang tidak bersalah. Cara ini bisa jadi efektif untuk mengubah sudut pandang orang.

Langkah ini sekaligus untuk memperlihatkan, kesalahan yang terjadi tersebut bukan hanya karena peran satu orang, melainkan seluruh anggota tim.

Jika atasan mulai memarahimu, kamu bisa meminta bantuan dari anggota tim yang bertanggung jawab untuk meningkatkan kinerjanya.

4. Berbicara dengan tim HRD 
Departemen SDM adalah sumber daya yang sangat penting dimana mereka tersedia untuk semua karyawan di tempat kerja. Bila kamu merasa tekanan ini terus terjadi, kamu bisa coba untuk mengutarakan permasalahanmu itu kepada tim HRD. 

Biasanya mereka bisa menjadi penengah perselisihan yang terjadi di kantor, atau bisa memberi solusi terkait cara terbaik untuk dilakukan. 

Ingat bahwa meskipun kamu memiliki banyak masalah di kantor baik dengan atasan atau staf lainnya, yang terpenting dari semua itu adalah tetap bekerja dengan profesional dan tenang.

Cobalah untuk melupakan dan tidak menghiraukan mereka yang mengganggumu selagi itu tidak mengusik ranah pekerjaanmu, dan kamu tidak ada sangkut pautnya dengan itu. 

Usahamu yang bekerja profesional dan tetap memberikan kontribusi bagi perusahaan, lambat laun akan dilihat oleh atasan dan  kamu akan menjadi lebih dewasa menghadapi setiap situasi kerja. Baca Juga : Delapan-tips-agar-kamu-mampu-bekerja

Related Posts



Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini? Klik...

Comments

Kirim E-mail anda dapatkan artikel berlangganan gratis....

Enter your email address:

DELIVERED BY sptirtadharma.net ||| 🔔E-mail : pdamsptd86@gmail.com

🔝POPULAR POST

PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 54 TAHUN 2017 TENTANG BUMD

PERANAN SATUAN PENGAWAS INTERN (SPI) PERUMDAM AIR MINUM DALAM GCG DAN PENINGKATAN KINERJA

ENAM CIRI CIRI BOS PELIT TINGKAT DEWA

DAPENMA PAMSI : PENYELENGGARA PROGRAM JAMINAN PENSIUN KARYAWAN PERUMDA AIR MINUM

MEMBUAT RUTE BACA METER DAN TIPS AGAR TAHU TOTAL PEMAKAIAN

FOLLOWERS